Surveilen

SAPTA MUTU UTAMA  Sertifikasi Indonesia mengembangkan kegiatan surveilen sehingga keterwakilan area dan fungsi yang dicakup dalam lingkup sistem manajemen dipantau secara reguler, dan memperhitungkan perubahan yang ada pada pelanggan yang disertifikasi dan sistem manajemennya.

Kegiatan surveilen mencakup audit lokasi dengan mengaudit pemenuhan persyaratan spesifik sistem manajemen pelanggan tersertifikasi, berkaitan dengan standar yang sertifikasinya diberikan.

Kegiatan surveilen, mencakup :

  • Pertanyaan dari SAPTA MUTU UTAMA Sertifikasi Indonesia kepada pelanggan tersertifikasi terhadap aspek-aspek sertifikasi,
  • Pengkajian setiap pernyataan pelanggan berkenaan dengan operasionalnya (sebagai contoh bahan promosi, website),
  • Permintaan kepada pelanggan untuk menyediakan dokumen dan rekaman (pada kertas atau media elektronik), dan
  • Cara lainnya untuk pemantauan kinerja pelanggan tersertifikasi.

SAPTA MUTU UTAMA Sertifikasi Indonesia melaksanakan audit surveilen satu tahun sekali kepada setiap pelanggan tersertifikasi.